Buah Yang Istimewa - Tiada Tuhan Selain Allah

Senin, 15 Januari 2018

Buah Yang Istimewa

Buah dari ilmu ruhani adalah agar engkau palingkan mukamu dari makhluk, agar engkau dapat memusatkan perhatianmu hanya kepada Allah saja, karena Ma’rifat itu mengenal Allah dengan sebaik-baiknya. Ma’rifah membuat ketenangan dalam hati, sebagaimana ilmu pengetahuan membuat ketenangan (dalam akal pikiran). Barang siapa yang meningkat ma’rifahnya, maka meningkatkan pula ketenangan. (Rabi’ah al-Adawiyah).

Diantara tanda-tanda peneguhan Allah Azza wa-Jalla kepadamu dalam suatu hal, adalah peneguhanNya padamu di dalamnya disertai keberhasilan. (Ibnu Ath-thailah Ass-Sakandari).

Ibnu Athaillah mengatakan, jika Allah hendak mengenalkan diriNya padamu, jangan kamu khawatirkan amalmu yang masih sedikit. Dan Imam Ghazali menyatakan Bahwa tafakur melahirkan ilmu atau kepahaman. Kepahaman menghadirkan situasi ruhani/Hal. Hal/situasi ruhani mendorong amal mewujud. Maka sebenarnya segala amalmu adalah buah dari pemberian-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar sesuai dengan topik, Terimakasih.

Silahkan beri komentar atau saran tentang topik menggunakan kata yang bijak dan utamakan kesopanan. Terimakasih telah berkunjung serta membaca artikel yang ada di blog ini.