Tingkatan Tajalli Allah - Tiada Tuhan Selain Allah

Jumat, 08 Desember 2017

Tingkatan Tajalli Allah

Tajalli ialah hilangnya hijab sehingga jelasnya Nur yang sebelumnya ghaib atau terungkaplah Nur bahwa Tiada wujud secara mutlak kecuali Allah SWT.

“Apabila hamba-Ku ingin menemui-Ku, Akupun ingin menemui-nya dan bila ia enggan menemui-Ku, Akupun enggan menemui-nya” (HR Bukhari dari Abu Hurairah).

Empat Tingkatan Tajalli :
  1. Tajalli Af'al ialah fananya af'al hamba Setiap lakuan hanya af'al Allah belaka. Af’al yang hakiki adalah Af'al Allah. Segala sesuatu yang ada pada hakikatnya adalah af’al Allah.
  2. Tajalli Asma ialah fananya hamba dalam Asma Allah, Asma yang ada pada salah satu atau beberapa asma 99 (asma ul-husna).
  3. Tajalli sifat ialah fananya hamba dengan sifat-sifat Allah yang maha sempurna, Setiap sifat hakikatnya sifat illahi, Fana ini disebut juga fana fissifat merasakan keagungan sifat-sifat Allah secara haqqul yakin. 
  4. Tajalli Dzat ialah fananya seseorang hamba ke dalam Dzat yang wajibul wujud, Hanya ada Esa Dzat, 'La Maujud illal-Lah' hanya Allah sajalah yang merupakan wujud yang mutlak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar sesuai dengan topik, Terimakasih.

Silahkan beri komentar atau saran tentang topik menggunakan kata yang bijak dan utamakan kesopanan. Terimakasih telah berkunjung serta membaca artikel yang ada di blog ini.