Makna Kun Fayakun - Tiada Tuhan Selain Allah

Minggu, 03 Desember 2017

Makna Kun Fayakun

Dalam al-Qur’an Allah berfirman: 
إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِنْدَ اللَّهِ كَمَثَلِ آدَمَ ۖ خَلَقَهُ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ
"Sesungguhnya misal (penciptaan) 'Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia" (QS. 'Ali `Imran [3] : 59)".

“Kun (كُنْ)", dengan huruf “Kaf” dan “Nun” yang artinya “Jadilah…!” 
Makna disini bukan berarti Allah bila Berkehendak menciptakan mahkluk harus lewat bahasa (arab), huruf, dan suara "KUN", Firman Allah yang telah disampaikan kepada kita (Al-Qur'an yang ada didunia) telah berupa bahasa (arab), huruf dan suara. Allah menciptakan bukan dengan bahasa (arab), huruf dan suara dan seperti yang telah kita ketahui bahasa, huruf dan suara itu juga mahkluk Allah, Allah Esa baik dalam Dzat, Sifat, dan Af’al  (Perbuatan Nya)  yaitu tidak seorangpun yang selain Dia yang mempunyai PERBUATAN sebagaimana yang dilakukan oleh Nya, maka Allah Ta'ala itu adalah MAHA PENCIPTA  segala sesuatu,  Adapun "KUN" di dalam Al-Qur'an itu menunjukkan kepada Qalam Allah Ad-Dzati yaitu firman yang tidak menyerupai mahkluk Nya tidak berupa bahasa (arab), huruf dan suara. Jadi maknanya "KUN" adalah ungkapan bahwa bagi Allah sangat mudah untuk menciptakan segala sesuatu yang Ia kehendaki. "KUN" adalah ungkapan atau ibarah dari Qalam Allah Ad-Dzati yang bukan bahasa, bukan huruf dan bukan suara.

Allah al-Khaaliqu Artinya Allah pencipta semua makhluk dan segala sesuatu. ada yang di ciptakan Allah dengan proses perkawinan dan ada juga yang diciptakan tanpa proses perkawinan [Parthonegonesis, Vegetatif, Asexual dll]. Ada Malaikat, jin, manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan, matahari, bulan, bintang, dan segala yang ada di alam ini diciptakan oleh Allah. Allah menciptakan setiap makhluk secara sempurna dan dalam bentuk yang sebaik-baiknya dengan ukuran yang paling tepat.

Firman Allah dalam Al Qur'an :
"Sesungguhnya misal (penciptaan) 'Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia" (QS. 'Ali `Imran [3] : 59)".

Tafsir ayat ini dijelaskan oleh Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya sebagai berikut: Allah swt. berfirman yang artinya: "Sesungguhnya misal (perumpamaan) Isa di sisi Allah", maksudnya, dalam hal kekuasaan Allah menciptakan Isa tanpa ayah, "adalah seperti (penciptaan) Adam" yang diciptakan tanpa ayah dan ibu. Bahkan, Adam "Allah ciptakan dari tanah, kemudian Ia firmankan kepada tanah, `KUN' (tanah, jadilah engkau Adam), `FA YAKUN' (maka terciptalah Adam). Maka, Yang menciptakan Adam tanpa ayah dan ibu pasti lebih masuk akal kuasa juga menciptakan Isa tanpa ayah tapi punya ibu.

Pencipta sejati hanyalah Allah saja karena hanya Allah saja yang kuasa menciptakan sesuatu dari TIADA menjadi ADA, tidak ada yang sanggup atau yang kuasa seperti Allah, termasuk manusia juga tidak akan sanggup dan tidak akan kuasa menciptakan sesuatu dari tiada menjadi ada, Maksudnya manusia bukanlah pencipta tetapi hanya merekayasa ciptaan Allah menjadi sesuatu, CONTOHNYA manusia mengambil kayu lalu merekayasa menjadi kursi padahal kayu adalah ciptaan Allah juga.

Firman Allah Dalam Al Qur'an :"Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran ? (QS. Yunus [10] : 3)

Subhanallah, Maha Benar Allah Dengan Segala Firman Nya.

Silahkan beri komentar atau saran tentang topik menggunakan kata yang bijak dan utamakan kesopanan. Terimakasih telah berkunjung serta membaca artikel yang ada di blog ini.