Al-Kitab Adalah Firman Allah - Tiada Tuhan Selain Allah

Selasa, 26 Desember 2017

Al-Kitab Adalah Firman Allah

Al-Kitab ialah kitab-kitab Allah yakni Firman Allah, Perkataan Allah, Yang bersumber daripada Allah atau disebut juga dengan Wahyu. 

Allah subhanallahu wa ta’ala, berfirman :
“Sungguh Allah telah memberikan karunia kepada kaum mukminin ketika Allah mengutus di tengah-tengah mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka al-Kitab (al-Qur’an) dan al-Hikmah (as-Sunnah). Sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (Ali ‘Imran: 164).

Pengertian Kitab Allah, Kata kitab berasal dari bahasa arab (kataba-yaktubu-kitabatan-kitaban) yang artinya tulisan, arti kitab secara istilah adalah tulisan wahyu pada lembaran-lembaran yang terkumpul menjadi satu bentuk buku. Adapun arti iman kepada kitab Allah adalah percaya dan membenarkan dengan sepenuh hati bahwa kitab-kitab itu berisi firman-firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi dan Rasul-Nya sebagai pedoman hidup manusia agar dapat membedakan yang hak dan yang bathil, antara yang baik dan buruk dan antara yang halal dan haram.

Adapun didalam suatu riwayat kitab-kitab yang Allah turunkan ada 104 kitab antara lain adalah :
  • 10 kitab suhuf diturunkan kepada Shafiyullah Nabi Adam as.
  • 50 kitab suhuf kepada Nabi Syits bin Adam as. 
Nabi Syits, beliau adalah keturunan dari nabi Adam yang lahir tunggal dari seluruh putra kembarnya. Beliau memiliki wajah yang mirip dengan nabi Adam. Oleh Allah SWT, Syits diangkat menjadi nabi karena mempunyai kebijaksanaan terhebat dalam sepanjang masa. Nabi Syits adalah guru Nabi Idris, ia hidup sekitar tahun 3630 sampai 2718 sebelum masehi, berbeda dengan manusia saat ini yang berumur paling lama 100 tahunan, nabi syits hidup sekitar 912 tahun, meninggal pada usia 1042 tahun.
  • 30 kitab suhuf kepada Nabi Idris kakek Nabi Nuh as. 
Nama Nabi Idris adalah "AKHNUKH" atau "HENOKH". Dinamakan Idris karena banyaknya membaca kitab-kitab ALLAH. Beliau orang yang pertama kali menulis dengan kalam (pulpen/pensil), pengarang ilmu Nujum (Astrologi) dan ilmu Hisab (Hitung), beliau juga orang yang pertama kali menjahit baju lalu dipakai, para manusia sebelum Beliau sama mengenakan baju kulit. Nabi Idris as. Juga orang yang pertama kali membuat senjata (pedang) dan memerangi orang-orang kafir. 
  • 10 kitab suhuf kepada Nabi Ibrahim as. dan kepada Nabi Musa as.
(Yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa (surat Al-'A'la ayat 19).
Nabi Ibrahim as mendapatkan tempat khusus di sisi Allah SWT. Ibrahim termasuk salah satu nabi ulul azmi di antara lima nabi di mana Allah SWT mengambil dari mereka satu perjanjian yang berat. Kelima nabi itu adalah Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Muhammad saw — sesuai dengan urutan diutusnya mereka. Dari para nabi penerima suhuf tersebut, Nabi Musa a.s menerima suhuf dan juga menerima kitab Taurat.

  • Kitab Taurat kepada Nabi Musa bin Imran as. 

Kitab Taurat diwahyukan oleh Allah swt kepada Nabi Musa as di Bukit Tursina (Mesir) sekitar abad ke 12 sebelum Masehi. Kitab taurat memiliki ajaran pokok tentang akidah tauhid dan hukum-hukum syariat. Kitab ini diturunkan sebagai pedoman hidup bagi bani Israil. Bahasa yang digunakan daam kitab Taurat adalah bahasa Ibrani.
  • Kitab Injil kepada Nabi Isa as. 
Kitab Injil diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Isa a.s, sekita abad pertama masehi didaerah Yarusalem (israel). Bahasa yang digunakan dalam kitab Injil adalah Bahasa Aramiah/Suryani. Kitab Injil berisi ajaran pokok yang hampir sama dengan kitab-kitab sebelumnya dan menyempurnakan hukum-hukum yang tertera dalam kitab-kitab sebelumnya.
  • Kitab Zabur kepada Nabi Dawud bin Isya as. 
Kitab zabut diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Daud a.s. Kitab Zabur ini turun sekitar abad ke 10 sebelum Masehi di daerah Yerusalem (Israel). Kitab Zabur ini berisi ajaran pokok tentang zikir, nasihat, dan hikmah, tidak memuat hukum-hukum syariat. Kitab zabur merupakan petunjuk bagi umat Nabi Daud a.s. agar bertauhid atau mengesakan Allah swt (hanya menyembah Allah swt). 
  • Kitab Al Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW. 
Al-Qur'an diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan Nabi terakhir. Bahasa yang digunakan dalam Al-Qur'an adalah Bahasa Arab. Al-Qur'an ini merupakan pedoman dan petunjuk bagi seluruh umat manusia sampai hari kiamat nanti supaya dapat menjalankan kehidupan di dunia ini dan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
Sebagaimana diriwayatkan dari sahabat Ubay bin Ka'ab bahwa ia bertanya kepada Rasulallah saw.: "Berapakah kitab yang diturunkan ALLAH?" Rasulallah bersabda: "Seratus empat kitab. 10 suhuf pada Adam, 50 suhuf kepada Syits, 30 suhuf kepada Idris, 10 suhuf kepada Ibrahim dan kitab Taurat, Injil, Zabur serta Al Furqan (Al Qur'an)" demikian disebutkan As Syarbini dalam Tafsirnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar sesuai dengan topik, Terimakasih.

Silahkan beri komentar atau saran tentang topik menggunakan kata yang bijak dan utamakan kesopanan. Terimakasih telah berkunjung serta membaca artikel yang ada di blog ini.